Minggu, Desember 22, 2013

NAPAK TILAS 3 PULAU : Pulau Kelor, Onrust, & Cipir di Kepulauan Seribu

Di Pulau Kelor/ Kherkof
Matahari baru saja terbit dari ufuk timur. Perahu kami pun melaju dari Muara Kamal, menyusuri riak gelombang Kepulauan Seribu yang terhitung tenang. Dari kejauhan sayup kudengar gugusan pulau-pulau berteriak mengenalkan diri.. "Hai namaku Tidung", "Hai namaku Bidadari", "Hai namaku Pramuka", "Hai namaku Pantara", dan teriakan pulau lain bersahutan seolah mengajak untuk singgah. "Iya ! lain kali yaa..kali ini aku sudah janjian dengan ketiga teman kalian : Kelor, Onrust, dan Cipir," jawabku mantab. Ibarat sekali merengkuh dayung, tiga pulau terlampaui...

Backpacker Trips, yang lain sudah melesat explore pulau :)
Travelling menyusuri Kepulauan Seribu kali ini diikuti oleh kurang lebih 25 orang dari Komunitas Backpacker Trips. Daaaan… peserta terkecil jatuh pada anakku Azel hehe. Mungkin jiwa petualangnya ngikuti saya, wong dari gembolan (alias hamil) saja ikut melanglang kemana-mana, dulu diajak syuting pagi-pagi buta dan syuting keluar kota anteng banget. 
Eh hebat juga anak saya napak tilas ke tiga pulau dengan berjalan kaki dari ujung hingga ujung. Saya sendiri  tidak menyadarinya hingga beberapa teman traveling berujar “Mbak, Azel hebat banget ya. Dari tadi gak mau digendong, jalan sendiri terus. Sama sekali enggak rewel.” “Oh iya ya… waktu tidur siangnya pun dilakukan disela-sela perjalanan naik perahu saja.” Proud of you Mas !

Perjalanan dari Muara Kamal hingga ke Pulau Kelor/ Kherkof sebagai tujuan pertama memakan waktu kurang lebih 1 jam. Dari Kelor ke Onrust, lalu Onrust ke Cipir tidak butuh waktu lama, paling hanya 20 menitan naik perahu. Nah, inilah ringkasan napak tilas wisata bahari sekaligus sejarah kami di Tiga Pulau pada 27 Oktober 2013 lalu :

Pulau Kelor/ Kherkof in the background
Pulau Kelor. Naiknya betul-betul butuh perjuangan hehe...
Kereeenn gayanya Azel
PULAU KHERKOF/ KELOR : disini terdapat Benteng Martello yang dibangun VOC untuk menghadapi serangan Portugis pada abad 17. Oya, belum lama ini, Julia Perez melakukan prewedding disana. Atiqah Hasiholan & Rio Dewanto juga mengikat janji suci di pulau cantik ini :)

*******
Pulau Onrust
Makam warga Belanda ratusan tahun yang lalu
PULAU ONRUST : Pulau Onrust (Bahasa Belanda) memiliki arti tak pernah istirahat. Mengingat dulu pada abad 17 -18 Onrust merupakan pelabuhan besar sebelum pindah ke Tanjung Priok. Lalu pada tahun 1911-1933 Onrust difungsikan sebagai Asrama Karantina Haji. Para calon haji diadaptasikan dengan udara laut karena pada jaman itu calon haji berangkat ke Arab Saudi menggunakan kapal laut. Puing-puing reruntuhan asrama masih terlihat jelas disini. Terdapat juga 40 makam warga Belanda yang dulu menempati pulau ini, penjara jepang, dan beberapa barang hasil eskavasi seperti keramik yang disimpan dalam Museum Onrust.
*******


Menikmati hamparan laut maha luas di Pulau Cipir
Pulau Cipir/ Kahyangan/ Nirwana
Pulau Cipir
PULAU CIPIR : Pulau Cipir dikenal juga dengan sebutan pulau Kahyangan atau pulau Nirwana. Disini terdapat reruntuhan bekas Rumah Sakit Haji. Para jamaah Haji sebelum masuk ke Asrama Haji di Onrust, diperiksa kesehatannya disini. Di pulau ini juga memiliki pantai pasir putih yang cantik. 

Oya, melalui Komunitas Backpacker Trips ini kami tidak membayar mahal untuk travelling seelok ini. Cukup membayar Rp. 99.000,- per kepala. Murah kan ?. Asyiknya lagi, anak saya free :). Namun, jika hendak bepergian sendiri melalui Ancol, sepertinya untuk naik speed boat-nya saja sudah hampir seratus ribu. Oya, tak perlu khawatir kelaparan, di Pulau Cipir terdapat warung makan ala warteg, namun soal harga tergantung siapa yang ngitung ya. Kalau Bapaknya lumayan mahal ngitungnya. Nah kalau pas kebagian Ibunya yang ngitung, murah banget. Pulau lain yang belum sempat saya singgahi, siap-siap saya datangi hehe.. Happy travelling everybody ! (Tuning Rahayu/ 23 Des 2013)

3 komentar:

  1. Keyeeeeennnn angle angle fotonya.. ajariiinnn

    BalasHapus
  2. senangnyaaaaa ke Pulau Seribuuu...cantik dan banyak photo opnya yah hehehe...kayaknya sekeluarga demen traveling niih..seruuuu :D...

    BalasHapus