Jumat, Maret 14, 2014

SheCAN YouCAN ! Women for Mangrove (by Tupperware)

Shahnaz Haque, Murniwati Harahap, Erna Witoelar, &  Devi Suradji

Ratih Sanggarwati, Asma Nadia  hadir juga lho
Acara diskusi yang bertajuk “SheCAN , YouCAN : Women for Mangrove” pada Kamis, 13 Maret 2014 lalu berjalan lancar dan meriah. Bertempat di Grand Central Restaurat Bulungan, berbagai komunitas khususnya komunitas peduli lingkungan berkumpul dan saling berbagi informasi. Eits ternyata tidak hanya kaum hawa lho yang hadir, beberapa kaum adam pun tertarik dan ikut urun rembuk. Acara diskusi ini merupakan pra event “FunWalk Woman for Mangrove 2014” yang akan dilaksanakan pada Minggu, 23 Maret 2014 di kawasan Senayan bertepatan dengan World Water Day 2014.

Saya sendiri datang memenuhi undangan komunitas KEB tercinta #tsahhhh :). Sebenarnya mengapa sih harus mangrove ? Nah, perbaikan lingkungan itu memiliki banyak kegiatan atau solusi. Pembangunan kota Jakarta yang semakin agresif menyebabkan erosi dan abrasi di Pantai Utara Jakarta, hal ini tentu membutuhkan tindakan nyata untuk mengupayakan pelestarian hutan di kawasan Pantai Utara Jakarta. Tupperware yang merupakan perusahaan pemroduksi produk plastik berkualitas dan ramah lingkungan untuk keperluan rumah tangga memiliki komitmen untuk menanam bakau dengan gerakan Fun Walk Woman for Mangrove. Kegiatan yang menggandeng WWF (World Wide Fund) ini pasti bermanfaat dalam menjaga kelestarian alam dan ketersediaan air bersih.

Salah satu peserta yang hadir Ibu Siska, Juru Masak :)
Pembicara diskusi ini yaitu para perempuan hebat seperti Shahnaz Haque selaku Duta Woman for Mangrove, Erna Witoelar pemimpin GPTP (Gerakan Perempuan Tanam & Pelihara), Devi Suradji Direktur Marketing WWF, Murniwati Harahap yaitu aktivis pemlihan hutan bakau, dan Umayanti Utami selaku PR & Communication Manager Tupperware.

Emak-Emak KEB
“Dengan peduli air, maka kita sudah peduli dengan lingkungan hidup” ungkap Erna Witoelar. Ia juga menyampaikan bahwa perempuan itu makhluk yang mampu menyampaikan pesan secara berantai. Devi Suradji dari WWF juga mengatakan bahwa perempuan itu merupakan tulang punggung saat menghadapi isu global. Hmm, jadi setuju yaa kalau kita sebagai perempuan mengemban tugas sebagai agen perubahan ? :)

Krisis air bersih merupakan isu global yang perlu mendapat perhatian khusus. Ketersediaannya semakin berkurang dari hari ke hari dan mulai sulit diperoleh, padahal kita tahu air bersih sangat dibutuhkan dalam aktifitas sehari-hari seperti mandi, minum, memasak, dll. Pada dekade 1980-an Indonesia masih termasuk negara yang memiliki ketahanan air yang baik. Namun kini, Indonesia telah memasuki era perebutan air bersih sebagai sumber kehidupan.

Horeeee... pulang bawa Tupperware
“Tupperware Funwalk 2014 Woman for Mangrove” yang akan dilaksanakan Minggu, 23 Maret nanti memiliki rute Plaza Selatan Senayan – Sudirman – Semanggi – dan kembali lagi ke Plaza Selatan Senayan. Dengan kurang lebih jarak 5 km ini, pesertanya ditargetkan 5000 wanita, merupakan aksi nyata kita sebagai perempuan sangat peduli dengan lingkungan.  Untuk setiap peserta jalan sehat, artinya sudah turut menyumbang 1 pohon mangrove yang akan ditanam di Muara Gembong, Bekasi pada bulan April mendatang. Kegiatan penanaman ini akan dilakukan oleh para petani bakau yang disewa oleh WWF mulai dari edukasi, penanaman, hingga perawatannya. Maklum, penanaman mangrove itu susah – susah gampang. Ia butuh 5 tahun untuk akhirnya bisa dilepas.

Berminat mengikuti Fun Walk ini ? tidak mahal kok, hanya dengan 50 ribu rupiah, sudah mendapatkan 1 buah kaos Woman for Mangrove dan 1 ecobottle Tupperware yang telah diisi air putih. Dengan ecobottle ini artinya juga mendukung zero waste, anti kemasan air minum sekali pakai. Jangan khawatir, yang membawa suami dan anak akan disediakan playground, penitipan anak, dan permainan untuk para bapak-bapak di Plaza Selatan Senayan. Tunggu apalagi, informasi pendaftaran bisa menghubungi Nayaprada di 021-9788 9039 atau Showroom Tupperware di 021-759 20565.


4 komentar:

  1. Balasan
    1. Halo mak Ika... hehe... iya dari tempat saya juga jauh Mak. Kebetulan Kamis kemarin saya bisa jadi ikut saja :) semoga suatu saat ketemu lagi di event ya Mak..

      Hapus
  2. Wah, mbak Tuning ikutan yg mangrove kmrn ya? Saya telat nih tau infonya.. msh inget saya gak mbak? Hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mak Ayu... wah inget dong :) iyaa kebetulan pas bisa jadi ikut deh. Rabu besok ketemu lagi ya mak di Kota Kasablanca :)

      Hapus