Kamis, September 12, 2013

GREETS : Membangun Kota Pintar & Ramah Lingkungan di Seluruh Indonesia

Sekedar info, artikel saya ini telah dimuat di portal online Majalah Geo Energi www.geoenergi.co :)

Tampilan artikel saya di portal on line geo energi
Oleh : Tuning Rahayu

Fenomena kota menjadi daya magnet penduduk kampung semakin tak terbendung. Daya tarik kota menjadi sebuah impian bagi sebagian besar masyarakat untuk tinggal, mereka termotivasi perkembangan teknologi, peluang bisnis, pelayanan pemerintahan, kebutuhan hingga peningkatan kualitas hidup yang lebih baik. Hari ini, setengah dari seluruh populasi masyarakat dunia ada di perkotaan dan jumlahnya terus bertambah secara signifikan setiap tahun.

Urbanisasi memang bagus selama orang yang datang ke perkotaan membekali dirinya dengan keahlian atau ketrampilan sehingga mereka dapat hidup dengan layak. Namun disisi lain tingginya urbanisasi sangat beresiko terhadap kepadatan penduduk, menjamurnya kawasan kumuh, meningkatnya emisi karbon, limbah, dan akibat lain. Dengan kapasitas daya lingkungan kota yang terbatas ini juga berdampak munculnya masalah kesejahteraan sosial.

Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten/ Kota, Pengusaha dan Masyarakat sebagai pelaku utama pertumbuhan ekonomi di Indonesia wajib peduli dan berperan aktif dalam mengelola kota tempat kita tinggal secara efektif dan bertanggung jawab. Perlu dilakukan pengelolaan yang bijaksana dari perspektif yang berkelanjutan dengan tujuan utama : menciptakan pondasi ekonomi dan sosial yang bagus sehingga kita dapat hidup, bekerja dan berinteraksi dengan baik.

In English Version
Kini membangun kota pintar (Smart City) dan ramah lingkungan sudah seharusnya kita dengungkan. Kota pintar akan bersaing memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan perusahaan yang ada di wilayahnya dengan tujuan meningkatkan daya saing ekonomi, melestarikan lingkungan dan membangun masyarakat yang madani. Kondisi stabilitas pemerintahan, ekonomi, kesempatan kerja, pendidikan yang berkualitas, lingkungan, seni, budaya, perumahan yang bagus, keamanan, hidup harmonis menjadi incaran setiap manusia yang ingin hidup dengan layak.

Institut Investasi Indonesia (3i) bersama dengan Federasi Pembangunan Perkotaan Indonesia (FePPI), Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) memulai kampanye pembangunan Kota Pintar yang mampu mendukung masyarakatnya agar hidup lebih makmur, adil dan sejahtera melalui event GREETS (Green Technology for Smart City Indonesia). GREETS merupakan forum konferensi investasi, pameran serta pemberian penghargaan yang diberi tajuk “Smart City Awards Indonesia” yang akan dilaksanakan di Bali pada Agustus 2014. Namun pada 10 – 13 Oktober 2013 besok, GREETS akan melaksanakan event perdananya di Kuala Lumpur berkolaborasi dengan IGEM (International Greentech & Eco Products Exhibition & Conference Malaysia).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar