Selasa, Agustus 20, 2013

BAKMI PENCIL "MBAK DAR" : Kuliner Tengah Sawah di Pedan, Klaten

Menu makan malamku : Bakmi Goreng Jowo ala Pencil
Tampilan bakmi godhok-nya
Siapa tidak suka bakmi ? Aku yakin banyak yang gemar masakan ini kan... Bakmi memang cocok sebagai pengisi perut ketika lapar disamping pilihan nasi. Kuliner bakmi juga gampang kita jumpai. Hampir semua daerah di Indonesia bahkan luar negeri punya khas bakmi masing-masing. Makassar terkenal dengan Mie Titi, Serambi Mekah (Aceh) menawarkan Mie Acehnya yang didominasi aroma rempah, Palembang mengusung Mie Celor dengan kuah kentalnya, Singapura punya Mie Laksa, Jawa tampil dengan Bakmi Jowonya yang kesat dan sedikit manis, dan masih banyak lagi khas dari daerah lain.
Tampilan Pakle ala Pencil. Ayamnya pakai Ayam Jawa asli (bukan ayam negeri)

Warung Mbak Dar malam hari
Di kampung halamanku Klaten, tentu banyak sekali dijumpai warung bakmi. Yang dekat dengan daerahku dan lumayan terkenal yaitu : Bakmi Jowo Mbak Dar, tapi lebih terkenal dengan sebutan Bakmi Pencil karena warung ini berada di Desa Pencil, Pedan, Klaten. Posisinya dikelilingi  hamparan sawah kanan kiri. Sangat cocok untuk kuliner malam, dingin dan butuh yang hangat-hangat halaaahh... :) Aneka menu yang ditawarkan antara lain : Bakmi Jowo Goreng & Godhok, Pakle, Nasi Goreng Mawut, Nasi Goreng, Cap Cay, dll. Soal rasa sih selera masing-masing, kalau aku suka dengan bakmi jowo gorengnya. Untuk minumannya es beras kencur, Yuhuu duet super mantab !. Oya, seporsi menunya dihargai Rp. 9000. 


Masaknya satu-satu pakai anglo !
Kemarin waktu libur lebaran, ayahku mengajak kuliner malam ke warung ini. Sampai disana lumayan antrinya. Terlebih masaknya memang satu-satu digarap langsung oleh tangan pemiliknya dan masih pakai anglo ! (masak memakai tungku & berbahan bakar arang yang dikipasi apinya). Tapi karena memang enak, dan meskipun sudah kelaparan kami sabar menunggu selama 1 jam demi sepiring pesanan untuk disantap. 
Selalu ramai pengunjung
Dan meski lokasinya lumayan terpencil seperti nama desanya, warung bakmi Mbak Dar ini diburu banyak orang. Terbukti saat aku pasang status di Blackberry : @Warung Bakmi Jowo Pencil, wah langsung banyak BBM masuk dan mengirimkan testimoninya soal warung ini yang selalu dikangeni. Duh, jadi lapar & pengen balik kampung lagi hehe... (Tuning Rahayu/ 20 Agustus 2013).



5 komentar:

  1. kalau pake anglo memang terasa beda ya, ada gosong2 gimana gitu.. bakmi dan nasi goreng kalau masaknya pakai anglo, hasilnya makin maknyus :D
    salam kenal Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mak :) manteb kayak ada aroma arang nya gitu hehe. Iya salam kenal juga yaa

      Hapus
  2. bikin ngiler bakminya
    wuih pasti sedap ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa bener-bener sedap Mak... makasih komen nya :)

      Hapus